Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
MENYAPA DUNIA DENGAN DUNIA MAYA

Nov 4, 2007

Laporan Khusus IKPMA Mesir

Menanti CAMABA IKPMA 2007-2008

Tak Kunjung Datang

Entah karena kebiasaan mengumbar janji pihak Mediator Indonesia atau memang proses birokrasi yang sulit di Depag dan di Kedutaan Republik Arab Mesir diIndonesia, sehingga pemberangkatan CAMABA (Calon Mahasiswa Baru) IKPMA sempat tertunda beberapa kali. Kali ini, Repotase IKPMA berhasil menemui pihak penanggung jawab CAMABA IKPMA 2007-2008, Kanda H. Iman Fadllurrahman dikediamannya. Berikut laporannya, simak yuk…

Berapa jumlah CAMABA IKPMA tahun ini dan dari mana saja asal mereka? tanya kami kepada Kanda H. Iman Fadllurrahman. Beliau mengatakan, “Jumlah anggota IKPMA tahun ini sebanyak 8 orang (4 Putra dan 4 Putri). Mereka semua adalah alumni Pondok Pesantren Attaqwa Bekasi, meskipun awalnya… pihak Mediator Indonesia sempat menjaring CAMABA dari luar Attaqwa, seperti dari Jawa Tengah dsb. Namun, karena tidak ada satupun diantara mereka yang lulus seleksi ujian yang diselenggarakan Depag beberapa bulan lalu, sehingga CAMABA yang berangkat melalui Mediator Attaqwa hanya 8 orang dan itupun semua berasal dari almamater Attaqwa semua.”

Beliau kembali menambahkan, “Sudah 4 kali, jadwal pemberangkatan CAMABA IKPMA tahun ini mengalami perubahan. Informasi kedatangan pertama pada tanggal 1 September 2007, namun karena pihak Mitra Mediator, Saudara Husni Mubarok dan Fathul Hilmi belum mendapatkan ishal dari KPP-MABA (padahal kami sebagai pendaftar pertama di KPP-MABA), sehingga mau tak mau permberangkatan CAMABA tersebut harus di undur sampai tanggal 17 Ramadhan 1428 H./29 September 2007. Namun, dikarenakan ada satu tambahan berkas lagi, ditambah lagi birokrasi yang sulit di Depag dan di Kedutaan Republik Mesir, dan hal ini juga sudah dimusyawarahkan di Indonesia dengan pihak CAMABA dan keluarganya masing-masing, sehingga pemberangkatan CAMABA ke Mesir kembali diundur sampai tanggal 8 Syawwal 1428 H./20 Oktober 2007. Tapi, kami mendapat informasi mendadak dari pihak Mediator di Indonesia, bahwa pemberangkatan CAMABA (dengan berat hati) terpaksa di undur lagi sampai tanggal 12 Syawwal 1428 H./24 Oktober 2007” Tutur Kanda Iman sambil tersenyum.”

Ketika kami menanyakan kembali kepada Kanda H. Iman Fadllurrahman, akankah ada perubahan lagi setelah 4 kali mengalami perubahan jadwal pemberangkatan CAMABA. Beliau menuturkan, “Kami juga masih meragukan tanggal 12 Syawwal 1428 H./24 Oktober 2007, CAMABA bisa berangkat ke negeri kinanah ini. Karena berdasarkan informasi terakhir yang kami terima, bahwa birokrasi untuk mendapatkan visa sangat sulit, terbukti hanya 30 CAMABA saja yang berhasil mendapatkan visa di Kedutaan Mesir Indonesia, itupun karena Mediatornya sangat akrab dan dekat dengan pihak konsuler Kedutaan Mesir tersebut. Problem kedua, ternyata hubungan Depag dengan Kedutaan Mesir di Indonesia sedang tidak harmonis, karena beasiswa al-Azhar yang semula diperuntukan untuk CAMABA yang lulus seleksi di Depag saja, namun realitanya adalah perubahan terakhir, dan kami juga sudah meminta kepada pihak Mediator di Indonesia dengan sangat, agar tidak terjadi perubahan lagi, disamping ujian yang –tentu– semakin mendekat, juga rasa penantian kami yang begitu panjang, khususnya bagi teman-teman IKPMA yang sangat mengharapkan sekali mendapatkan titipan dari orang tua tercinta di Indonesia, seperti; kiriman uang, obat-obatan dll.”

Kita berharap dengan kedatangan CAMABA IKPMA tahun ini, sebagai bibit-bibit baru yang siap berjuang dan mewarnai IKPMA kedepan. Sehingga IKPMA dapat lebih lebih solid, lebih dinamis, lebih improvemen, dan lebih “go kemajuan”. Bravo IKPMA!!!¤

No comments: