Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
MENYAPA DUNIA DENGAN DUNIA MAYA

Nov 27, 2007

Ratiban dan Tahlilan di Rumah Bang Ja’far al-Ayyubi

Ratiban dan Tahlilan di Rumah Bang Ja’far al-Ayyubi
“Memasyarakatkan Tradisi Masyarakat”

Makram ‘Abid (Kamis. 8 Nopember 2007) diadakan acara Ratib dan Tahlilan. Kegiatan yang diadakan setiap 2 minggu sekali merupakan program kerja Departemen Minat & Bakat yang di kordinir oleh Bang Zidni Ilman. Kegiatan yang tidak memiliki tempat tetap, artinya berpindah dari satu rumah (baca: syaqqah) ke rumah yang lain, di format atau design demikian agar lebih menjadi washilah terciptanya silaturrahmi yang baik sesama anggota.

Seperti biasanya, acara di pandu oleh DP-KPJ Minat & Bakat, yaitu Bang Zidni Ilman. Acara dimulai pukul 18.30, atau terlambat 60 menit dari waktu yang telah direncanakan, dikarenakan banyaknya individu anggota KPJ yang berbenturan dengan acara lain, disamping ada sedikit permasalahan teknis sehingga acarapun dengan sangat terpaksa diundur 60 menit.

Usai pemandu acara membuka ceremonial, acarapun dilanjutkan dengan pembacaan Yasin dan Tahlil, oleh saudara Farhan. Langsung disambung dengan pembacaan Qishah Maulid, dipimpin oleh Shahibul Bait yaitu Bang Ja’far al-Ayyubi. Usai pembacaan Qishah Maulid, Bang H. Mumtaz Mukhtar, S. Ag memimpin do’a bir al-Walidain.

Acarapun dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan pertama oleh Bang H. Muhammad Mausul (DP-KPJ), dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada shahibul bait, atas kesediannya memberikan tempat dan jamuan dalam kegiatan rutinitas DP-KPJ yaitu Ratiban dan Tahlilan ini.

Acara selanjutnya yaitu ramah tamah, kali ini diwakilkan juga oleh Bang Ja’far al-Ayyubi, beliau banyak memberikan masukan dan ide-ide konstuktif, diantaranya: Agar majleis zikir ini bisa tetap eksis seperti wadah perkumpulan mahasiswa yang lain; study club, perkumpulan para penyair dsb, tentu dengan design yang baik dan menarik, supaya anggota KPJ mau ikut serta dan berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan ini. Beliau pun menambahkan agar majelis zikir ini menerbitkan hasil karya dalam bentuk membuat atau mengkodifikasikan zikir-zikir serta kumpulan do’a yang sering digunakan di masyarakat Indonesia
.

Usai ramah tamah, acara pun ditutup tepat pukul 20.30. Dilanjutkan dengan santapan jasmani dan obrolan santai dan ternyata banyak menghasilkan masukan dan ide-ide segar demi kemajuan majelis zikir KPJ ini. Semoga!!! (IMN)

No comments: